Loading
0%

Cara Meningkatkan Hasil Panen Tanaman Tomat

Teknologi Pertanian Dan Perkebunan

Tanaman tomat merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini memiliki nama latin (Lycopersicon esculentum L.) memiliki syarat tumbuh yang ideal kisaran suhu 20-27oC dengan curah hujan sekitar 750-1250 mg per tahun. Pada dasarnya tanaman ini bisa hidup normal dengan ketinggian kisaran 0-1500 m dpl.

Tomat memiliki hal unik karena tanaman ini bisa di golongkan kepada jenis sayuran ataupun buah – buahan. Manfaat yang terkandung pada buah atau sayuran tomat sangat banyak, bahkan di percaya masyarakat Amerika tomat sebagai pencegah penyakit dan penyembuh penyakit.

Sebelum anda membudidayakanya ketahui jenis varietas pada tanaman tomat. Seiringnya dengan perkembangan teknologi varietas, terdapat 400 jenis yang sudah ada dan terbilang unggul pada varietas. Contohnya varietas berlian, mutiara dan kada. Jenis varietas umumnya berbeda – beda tergantung pada kecocokoan tempat anda membudidayakanya, seperti yang di singgung di atas bahwa syarat tumbuh tanaman merupakan salahsatu faktor penentu.

Cara Memilih Benih

Setelah anda mengetahui bagaimana sayarat tumbuh pada tanaman, lakukan penelitan yang pada lokasi anda, apakan lokasi anda sesuai dengan varietas yang anda akan tanam ? Hal ini sangat berpengaruh sekali pada pertumbuhan tomat yang akan anda tanam.

Persiapan tanam bisa anda lakuakan dengan perhitungan jumlah dan luas pada areal lahan. Benih dan varietas unggul bisa anda dapatkan di toko pertanian terdekat, baca pada tabel panduan untuk memecahkan tanaman tomet dari fase dormansi. Harga pada benih tomat pada umnya memerlukan biaya yang cukup tinggi. Jika kita kekurangan modal anda bisa mengantisifasi dengan membuat bibit sendiri.

ara yang bisa anda lakukan adalah dengan memilih calon bibit dengan memilih buah tomat yang mulus dan paling baik segi ukuran yang besar dan tidak cacat.

Berikut ini adalah cara membuat bibit tomat

  • Pilih buah tomat yang tua pada pohon

  • Potong dan pisahkan biji dari lendir yang menempel pada bagian biji menggunakan air

  • Rendam biji dalam air dan buang biji yang terapung, pilih biji yang tengglam

  • Seleksi selanjutnya adalah pemilihan pada bentuk yang seragam dan berbentuk baik seperti tidak keriput, tidak cacat, dan sehat.

  • Keringkan biji tomat pada terik matahari

Persemaian benih

Cara membuat benih tomat sangat mudah sekali, hal ini sangat mudah sekali karena dengan penyedia media tanam yang tidak terbilang sulit. Persemaian di rasa sudah siap ketika bibit sudah memiliki daun dan batang yang kuat.

Anda bisa menggunakan polybag sebagai media persemaian. Media ini bertujuan untuk mengurangi resiko tanaman setres ketika transplanting ( pemindahan media tanam ). Pada bagian transplanting sangat lah sensitif, maka hati – hati ketika memindahkan bibit tomat ke lahan. Pada umumnya penyemain siap di pindahkan pada umur 35 – 40 hari.

Pemilihan Tanah

Tanaman ini memiliki syarat tumbuh dengan pH 5,5 – 7. Jika tanah di lahan di rasa terlalu asam (<5,5), anda bisa menambahkan kapur kaptan atau kapur pertanian. Kapur ini berfungsi untuk menetralkan pH tanah.

Pembuatan bedengan untuk tomat anda bisa mencampurkan pupuk kompos atau pupk alami seperti pupuk kandan sebagai pupuk dasar untuk pengolahan ini, usahakan buat tanah segembur mungkin agar memudahkan pelakaran pada fase pertumbuhan tomat.

Bedengan bisa anda buat dengan ukuran 30 cm, lebar 1 meter dan panjang bedengan mengikuti kontruksi lahan. Jarak tanam yang di gunakan umumnya 30 – 40 cm. Biarkan terlebih dahulu tanah selama 1 minggu guna pupuk dasar yang anda taburkan bisa berkembang dengan tanah.

Pemupukan dasar tersebut di berikan 20 ton per hektar. Kemudian berikan pupuk TSP secukupnya kisaran 5 gram / tanaman. Kecuali anda ingin membudidayakanya secara organik anda tidak perlu menambahkan pupuk TSP atau bahan kimia lainya, bisa anda tambahkan pupuk dasar 30 – 40 ton per hektar.

Gunakan mulsa plastik hitam perak untuk menutup lahan bedengan, tujuanya adalah untuk menekan pertumbuhan gulma dan berguna pada saat musim kemarau yang mempertahankan kelembaban tanah. Diamkan lahan selama 1 munggu.