Loading
0%

Cara Meningkatkan Hasil Panen Lada Hitam

Teknologi Pertanian Dan Perkebunan

Lada hitam adalah rempah – rempah yang paling umum digunakan di dunia. Bernama latin Piper Nigrum, rempah – rempah ini telah dibudidayakan di India sejak dua ribu tahun yang lalu untuk keperluan pengobatan dan juga kuliner. Di Indonesia, pulau Sumatra dan Kalimantan merupakan dua kawasan yang cukup diperhitungkan sebagai salah satu kawasan pengekspor lada hitam terbaik di dunia selain India. Dengan cukup kesabaran, Anda dapat menanam lada Anda sendiri di rumah. Selain untuk keperluan dapur, tanaman lada juga bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan. Yuk cus kita simak beberapa langkah dalam bercocok tanam lada berikut ini :

1. Pembibitan Tanaman Lada Hitam
Biji lada saat ini sudah banyak tersedia melalui online shop. Sebelum menanam bibit, rendam dulu bibit lada semalaman untuk melunakkan kulit luar biji. Tanam biji di wadah atau baki dengan tanah yang kaya nutrisi cukup dalam, tanah dengan kondisi yang baik dan cukup kering. Beri ruang antar benih sejauh dua sampai tiga inci terpisah. Semprot baki dengan benih cukup sering dengan tuan untuk menjaga campuran awal tetap lembab lalu tutupi nampan benih dengan bungkus plastik. Simpan di lokasi yang hangat. Biji lada dapat memakan waktu hingga satu bulan untuk berkecambah pada suhu hangat. Dengan suhu yang lebih rendah, mereka akan berkecambah cukup lambat bahkan tidak berkecambah sama sekali.

2. Penanaman Tanaman Lada Hitam
Setelah benih berkecambah, bibit dapat ditanam kembali ketika mereka berukuran tiga sampai tujuh inci. Jika Anda tinggal di iklim yang sangat hangat, tanam mereka langsung di lokasi luar rumah yang dilindungi dengan cahaya matahari parsial. Tanaman membutuhkan tanah kaya nutrisi, lembab, tanah dengan kondisi baik serta kering. Tanaman lada tidak bisa mentolerir suhu terlalu dingin. Pindah tanaman ke dalam ruangan atau bungkus mereka dalam selimut plastik jika cuaca dingin mengancam. Bila digunakana sebagai tanaman hias, ia tetap membutuhkan cahaya terang dan kelembaban yang konsisten.

Semprot dedaunan secara teratur dengan air untuk meningkatkan kelembaban. Jangan biarkan suhu ruangan terjun bebas dan menjadi dingin. Tanaman lada yang sudah dewasa bisa mencapai tinggi 10 sampai 16 kaki. Dalam ruangan, Anda dapat menggunakan teralis sebagai media tanaman gantung. Paprika membutuhkan tanah yang cukup subur untuk tumbuh dengan baik. Beri pupuk sebelum pertumbuhan yang baru muncul dengan pupuk organik yang seimbang. Nutrisi larut lebih cepat bekerja pada tanah. Terus sirami tanaman sesekali untuk menjaga tanah sedikit lembab.